Sedang menapaki sisa usia,senang (belajar) menulis dan membaca, mencari kawan canda didunia maya. MOTTO : SERIBU TEMAN KURANG , SATU LAWAN KEBANYAKAN .

Sabtu, 29 Oktober 2011

WC Terluas di Indonesia

13198715531314842150

------ SKM ---------
Ada sebuah desa dikompleks Perusahaan Perkebunan Teh, namanya desa Sungai Jambu.Desa di sekitar perkebunan teh eks perkebunan Belanda tersebut pada umumnya berada ditengah perkebun teh, pasalnya mayoritas yang menghuni bedeng-bedeng perumahan karyawan adalah karyawan perusahaan tersebut.

Oleh perusahaan untuk memenuhi keperluan lebih dari 50 kk hanya dibuatkan satu buah MCK.Bisa dibayangkan jika pagi hari ketika semua ingin membersihkan diri dan BAB. Selain sanitasinya kurang baik, airnyapun tidak rutin mengalir dikamar mandi umum tersebut. Sebab itulah banyak karyawan yang menyusup di bawah rerimbunan pohon teh jika ingin BAB. Pukul 6 sampai pukul 7 pagi terlihat pemandangan yang unik, banyak orang menenteng ember kecil masuk ke kebun teh dan setelah itu mereka menghilang (jongkok) , beberapa menit kemudian nongol lagi sambil merapihkan pakaian bawahnya.

36 tahun yang lalu saya main wayang di Desa Sungai Jambu tersebut dalam rangka bersih deso. Tradisi setiap Bulan Suro yang selalu dilaksanakan hampir disetiap desa.Dan pasti menanggap kesenian wayang kulit sebagai hiburannya.

Sangat meriah sekali penontonnya banyak membuat kami lebih semangat. Namun karena cuaca dingin , jam 3 pagi perut mulai kembung masuk angin, aku minta minyak tanah dan bawang merah untuk mblonyohi (melumuri) perutku seperti yang dilakukan oleh nenekku. Sedikit lega perutku setelah dilumuri minyak tanah dan bawang merah tersebut. Setelah itu memang ada yang kurang menyenangkan bagi yang hidungnya masih normal. Gas metan menyengat hidung para panjak dan sinden.

Setelah tanceb kayon (pertunjukan usai) sepertinya ada sesuatu yang ingin segera dikeluarkan. Sambil membuka blangkon dan bebet (kain panjang), akupun langsung lari kebelakang menanyakan WC kepada orang disitu.”Oooo, WC tidak ada Pak, kalau mau buang kekebun teh sana sambil bawa ember dari rumah,” ujar para perewang yang sedang bediang menghangatkan diri juga.

Dengan menenteng ember kecil berisi air, aku masuk ke area yang masih asing bagiku. Tengok sana tengok sini mencari tempat yang agak nyaman. Aku takut kalau-kalau ada ranjau yang telah diletakkan oleh seseorang lalu terpijak olehku.

Setelah mendapat tempat yang sedikit rimbun tetapi bawahnya agak bersih, lantas akupun jongkok dan…..(demi kenyamanan pembaca,kejadian selama aku jongkok, mohon maaf tidak saya ceritakan)…….Namun…..tiba-tiba dari kejauhan nampak seorang perempuan berbaju merah berlarian sambil membawa ember juga. Dan celakanya kok menuju kearah aku jongkok. Setelah kira-kira berjarak 3 meter dariku dia langsung membelakangiku dan mem..(sensor lagi ah ), dan jongkok juga didepanku.

Aku menjadi sangat bingung campur kacau pikiranku. Dilematis.Andaikata aku berdehem atau bersuara dia mungkin menjadi malu lantaran ada orang yang melihat bagian belakangnya. Jika aku diam saja sambil menahan nafas , berapa lama harus menunggu.

Aku terpaksa memilih opsi kedua yakni diam saja sambil menutup mata (meski tidak terlalu rapat, sayangkan gratiss….hehehe) agar tidak melihat pemandangan yang terpampang didepan mata. Antisipasi jika tiba-tiba dia menoleh kebelakang dia tahu bahwa saya tidak sedang memeperhatikan bagian belakang tubuhnya.

Setelah hampir 15 menit tamatlah pertunjukan gratis tersebut dan sang baju merahpun bangkit keluar dari rerimbunan pokok teh.Dia tidak menyadari bahwa dibelakangnya ada yang………….. .

Setelah bebersih akupun segera bangkit , dan pulang sambil menceritakan kejadian tadi pada teman teman, ada yang nyeletuk “ Kok nggak ngajak-ngajak to” sambil ngakak hahahahahahaha.

———————–skm———————-

Sekarang WC terluas di Indonesia itu tinggal kenangan. Selain perusahan telah membuat beberapa MCK tambahan, masyarakatnya sudah maju dan sadar akan kesehatan. Bahkan masyarakatnya sudah mempunyai kamar mandi dan WC pribadi disetiap rumah. Rumah preman (sebutan untuk non karyawan) sudah bagus-bagus dan megah-megah di Desa Sungai Jambu tersebut.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "WC Terluas di Indonesia"

Posting Komentar